Sabtu, 20 Juni 2015

MULTIMEDIA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Anak berkebutuhan khusus atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai “children with special needs”, merupakan anak-anak yang memiliki keterbatasan sehingga membutuhkan layanan khusus baik dalam bidang pendidikan ataupun dalam kegiatan kehidupan sehari-hari (activity of daily living). Masyarakat awam biasa menyebut dengan istilah anak-anak luar biasa.
Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada saat ini masih dipusatkan pada Sekolah Luar Biasa (SLB). Walaupun sudah ada beberapa yang mengikuti layanan pendidikan integrasi maupun inklusi. Mendidik ABK membutuhkan perjuangan yang besar, tidak hanya semata mengikuti kurikulum dan metode mengajar seperti pada sekolah umum, namun guru juga harus mempunyai kreativitas yang tinggi sehingga senantiasa mengembangkan berbagai macam inovasi dalam pembelajaran baik pada metode, strategi, maupun media pembelajaran.
Peran media pembelajaran bagi ABK sangatlah penting, karena keterbatasan yang dimiliki oleh ABK sehingga dibutuhkan sarana agar penyampaian materi pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Media pembelajaran bagi ABK selama ini cukup bervariasi, dan disesuaikan dengan tingkat serta jenis kelainannya. Semakin menarik tampilan suatu media pembelajaran, maka semakin tinggi pula minat belajar anak.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dalam bidang media pembelajaran yaitu penggunaan teknologi komputer. Dewasa ini komputer banyak digunakan untuk berbagai kegiatan diantaranya kebutuhan perkantoran atau administrasi kantor, individu, bisnis, pariwisata, games dan sebagai sarana belajar. Oleh karena itu hampir dalam seluruh aktifitas kehidupan manusia, komputer memegang peranan yang penting dalam membantu mempermudah dan memperlancar kegiatan manusia.
Akhir-akhir ini sudah cukup banyak sekolah yang memiliki komputer, namun kebanyakan belum dimanfaatkan dalam pembelajaran dan masih digunakan sebagai alat bantu administrasi saja. Komputer dalam dunia pendidikan untuk ABK memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Banyak hal yang abstrak dan sulit dicerna oleh siswa dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu multimedia.
Multimedia merupakan suatu kombinasi dari berbagai medium yang terintegrasi dalam sistem berbasis komputer, yaitu terdiri dari teks, audio, graphis, animasi dan video digital. Bagian-bagian ini dapat disajikan dengan berbagai cara dan memungkinkan siswa memilih alur mereka sendiri berdasarkan bahan pembelajaran dengan interaksi melalui keyboard atau mouse.
Penggunaan multimedia bagi ABK dapat diterapkan pada SLB-SLB yang sudah memiliki unit komputer yang memadai. Dengan tampilan yang menarik dan interaktivitas yang tinggi diharapkan multimedia ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Contohnya dalam pembelajaran matematika, multimedia dapat memuat tahap-tahap pengerjaan soal cerita secara urut dengan gambar yang konkret sehingga mudah dipahami oleh siswa. Multimedia dapat memperjelas penyajian bahan pembelajaran dan dapat pula digunakan untuk menghindari verbalisme guru. Selain itu multimedia dapat meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran karena dapat menyajikan berbagai peristiwa yang telah lalu maupun konsep yang terlalu luas, misal ; bagaimana telur menetas, terjadinya tsunami dan metamorfosis kupu-kupu. Multimedia juga menyajikan berbagai bentuk soal latihan yang dirancang menggunakan games. Pembelajaran akan lebih menarik bagi siswa jika siswa dapat berlatih dan mencoba sendiri sehingga siswa dapat mengalami sendiri keberhasilan maupun kegagalan yang mereka perbuat.
Pembuatan aplikasi ini membutuhkan kerjasama antara guru dengan tenaga ahli. Guru dapat berfungsi sebagai pencetus ide mengenai bahan pembelajaran dan programmer bertugas untuk menciptakan aplikasi tersebut. Bahan pembelajaran multimedia dapat disajikan dalam bentuk CD untuk dipakai pada komputer pribadi (PC) atau melalui komputer jaringan. Harapannya, multimedia dapat dijadikan sebagai salah satu solusi bagi permasalahan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.

1 komentar:

  1. Ffxiv Titanium Nugget
    The mens titanium wedding bands premium-grade micro touch trimmer Ffxiv titanium Nugget titanium dental is durable and the stylish handle allows titanium helix earrings you to keep your powder dry. 바카라 사이트 The adjustable blade setting is

    BalasHapus